Thursday, February 11, 2010

Pengembangan Sumber Daya Manusia

Manusia adalah sumber daya yang memiliki potensi yang sangat besar. Jika dilihat dari sejarah proses pembentukkannya, manusia berasal dari embrio yang kemudian berkembang menjadi janin di dalam rahim seorang ibu. Setelah sembilan bulan lamanya mengandung, maka lahirlah seorang manusia ke dunia dalam wujud bayi mungil.
Dalam perkembangannya, manusia berkembang dengan bantuan kedua orangtuanya dan orang-orang disekililingnya. Bagi seorang bayi, lingkungan tempat dia dibesarkan memiliki peran yang sangat besar yang nantinya akan memberi pengaruh dalam pembentukkan kepribadiannya.
Ada beberapa hal yang kemudian mempengaruhi kualitas seorang manusia jika kita lihat kaitannya dengan pengembangan sumber daya manusia, yakni:
1. Faktor Psikologis,
Faktor psikologis orangtua juga orang-orang disekeliling kita mempengaruhi kita dalam pembentukkan sikap ke depan. Biasanya ada beberapa bagian dari sel-sel orangtua yang menjadi bagian dari sikap kita.
2. Gizi yang didapat selama pertumbuhan (Sebagai nutrisi bagi pembentukkan sel-selnya),
Gizi diperlukan dalam masa pertumbuhan, hal ini dimulai dengan masa seseorang ketika masih berada dalam kandungan dan masa dia ketika kemudian dilahirkan. Dengan gizi yang baik maka pertumbuhannya akan baik pula, sebaliknya jika gizi yang ada tidak lengkap, maka pertumbuhannya tidak akan tercapai dengan maksimal.
3. Lingkungan,
Lingkungan di sekitar menjadi hal yang sangat penting berkaitan dengan kompetensi seorang manusia. Lingkungan memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap perilaku seseorang dan kepribadiannya. Lingkungan psitif akan mengarahkan kita ke arah yang positif, sebaliknya lingkungan negatif akan mengarahkan kita ke arah yang negatif pula.
4. Finance (Kondisi Keuangan),
Berbicara kualitas mau tidak mau kita pasti akan membicarakan mengeni kondisi keuangan-finance. Segala kebutuhan selalu menggunakan uang, mau tidak mau kita tidak menghindarinya. Kondisi keuangan juga sangat berpengaruh dalam perkembangan anak menuju manusia yang berkualitas, terutama dalam memberikan asupan gizi supaya si anak cerdas.
5. Komunikasi
”We cannot not communiction”. Itulah hukum pertama dalam komunikasi. Dalam pengembangan sumber daya manusia, sejak manusia lahir ke dunia, komunikasi adalah hal yang dilakukannya. Dengan adanya komunikasi maka kita dapat memahami satu sama lain.
6. Fasilitas
Berbicara tentang fasilitas maka kita berbicara infrastruktur, sarana dan prasarana yang kita punya. Perkembangan teknologi dunia juga memberikan kita peluang sekaligus bencana. Salah satu yang kemudian menjadikannya sebagai peluang adalah pemanfaatan dari fasilitas yang kita punya. Fasilitas yang ada juga sebenarnya merupakan bagian dari tools/alat yang dapat mendorong motivasi kita untuk lebih maju lagi.
Hal-hal yang disebut di atas merupakan hal yang harus menjadi perhatian kita dalam proses untuk mengembangan sumber daya manusia.

Selain hal-hal di atas, biasanya kondisi keluarga juga sangat berpengaruh. Kondisi keluarga yang harmonis memberikan kemajuan yang pesat bagi seseorang untuk maju, sebaliknya, kondisi keluarga yang tidak harmonis membuat seseorang sulit untuk maju, malah sebaliknya seringkali mengalami kemunduran.

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan sebuah keluarga tidak harmonis, yakni perbedaan agama, situasi dan kondisi keluarga itu sendiri. Karena itu, hargailah keluarga kita demi menuju keluarga yang harmonis dan sumber daya manusia yang berkualitas.

No comments:

Post a Comment

Pictures of The Years

  • pemandangan 1
  • pemandangan 2
  • pemandangan 3
  • pemandangan 3
  • pemandangan 3
  • pemandangan 3